Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Persaingan Bisnis Bukanlah Arena Tinju

Persaingan bisnis merupakan sebuah medan layaknya arena tinju yang tidak dapat dihindari oleh setiap pebisnis, dari skala kecil sampai worldwide. Namun, bagi seorang pebisnis, arena tinju yang bernama persaingan tersebut tidak harus diselesaikan dengan cara menghabisi kompetitor hingga berdarah-darah. Dewasa ini, justru seorang kompetitor bisa ber-metamorfosis menjadi partner bagi seorang pebisnis. Tidak percaya? Simak beberapa fakta berikut bahwa kompetitor bisa memberikan berkah bagi seorang pebisnis.

1. Kompetitor Memberikan Kaca Bagi Pelaku Bisnis

Seorang pebisnis tentu akan merasa “sempurna” ketika ia tidak memiliki pesaing pada bidang usaha yang ia geluti. Dengan memiliki seorang kompetitor pada bidang usaha yang sama, seseorang bisa bercermin tentang kekurangan dan kelebihan yang ia miliki dibandingkan sang kompetitor. Pada akhirnya, tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, sudah pasti harus ditanamkan di setiap kepala para pebisnis agar selalu rendah diri dan mawas diri terhadap sifat sombong yang mungkin menghampiri.


2. Kompetitor Bisa Menjadi Teman Terbaik

Ambil contoh ada seorang penjual mie bakso disebuah kompleks, lalu di sebelah tempat ia jualan, ada seorang pedagang minuman. Secara bisnis, kedua pengusaha tersebut sudah dapat dikatakan bersaing, karena meskipun produknya berbeda, mereka berjualan di satu area yang sama. Dibandingkan harus bersaing dan memaksa seseorang untuk hanya makan mie bakso atau minum-minuman segar, mengapa tidak melakukan merger? Pada satu waktu, seseorang bisa mengajak orang untuk makan dan minum. Semua senang, semua untung!

3. Kompetitor Mengajarkan Kita Untuk Berlaku Sportif

Hampir tidak pernah ada satupun pengusaha yang akan menganjurkan konsumennya untuk berbelanja di tempat lain. Namun, bukan berarti pengusaha tersebut bisa mencaci maki tempat lain. Konsumen memiliki caranya sendiri dalam menilai sebuah produk, dan konsumen di zaman modern saat ini tidak hanya menuntut produk yang paling bagus, namun pelayanan yang paling ramah.

4. Kompetitor Mengajak Kita Untuk Berani

Seorang pebisnis harus memiliki sifat berani dalam dirinya jika ingin terjun dalam perang mencari profit. Perang yang baik adalah yang perang yang memiliki etika. Tidak hanya berani dalam urusan menegur atau sedikit menyenggol si kompetitor, seorang pengusaha juga harus berani melempar pujian antar pribadi untuk menunjukan rasa hormat.

5. Kompetitor Memaksa Kita Untuk Berinovasi

Jika sebelumnya seorang pengusaha jarang mengeluarkan varian-varian baru akan produk usahanya, maka dengan memiliki kompetitor, maka seorang pebisnis akan dituntut lebih untuk berpikir mengenai produk terbaru. Hal ini sebenarnya cukup menguntungkan bagi seorang pebisnis jika dilihat dari segi positif. Konsumen juga pada dasarnya sangat menunggu adanya produk baru yang berkualitas. Jangan takut untuk berinovasi keluar dari zona aman, karena justru hal itu bukan tidak mungkin menutup pundi-pundi profit tak terduga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Persaingan Bisnis Bukanlah Arena Tinju