Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips Menelurkan Ide Bisnis Inovatif

Inovatif merupakan salah satu kalimat yang paling menyusahkan bagi para pemula yang ingin terjun ke dalam dunia usaha. Tidak jarang seseorang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha dengan alasan tidak bisa menemukan si “inovatif” tersebut. Memang dengan menjamurnya beragam unit bisnis beberapa tahun terakhir, menuntut seseorang untuk memiliki ide yang briilian dalam menentukan bisnis apa yang akan ia buat.

Yang menjadi biang kesalahan adalah ketika seseorang menganggap proses pencarian ide yang orisinil atau inovatif itu terlampau susah. Padahal untuk menelurkan sebuah ide bisnis yang inovatif hanya memerlukan sedikit pengertian, seperti yang akan dijelaskan berikut.

Ketakutan merupakan faktor penghambat

Ketakutan bagi seorang pemula memiliki tingkatannya sendiri. Ada yang takut memulai usaha karena tidak memiliki modal milyaran, ada yang takut karena takut produknya gak laku, dan ada juga yang takut karena ide bisnisnya terlalu gila bagi pasar di sekitarnya. Pada dasarnya jika seorang pebisnis membiarkan rasa takut seperti itu menghantui mereka, yang terjadi adalah ia tidak akan pernah bisa memulai usaha.


Penting untuk menghajar ketakutan yang ada, dan mulai berpikir secara bebas dalam menentukan jenis usaha yang dirasa paling cocok. Cara paling mudah bisa dimulai dari mencermati hal apa yang benar-benar disukai, kemudian hal tersebut bisa dicermati dan dibandingkan dengan bisnis serupa yang telah ada. Jangan pernah takut ketika ide tersebut mungkin sudah ada. Persaingan terbuka lebar, selama seorang pebisnis menghargai etika bisnis tersebut.

Segera Realisasikan

Terkadang ketika seorang pemula lalai dalam merealisasikan ide segarnya, tidak jarang seseorang akan datang dengan ide serupa, dan yang tersisa hanyalah penyesalan. Dalam dunia usaha, dimana persaingan sangat keras dan bervariasi, menunda merupakan suatu hal yang sangat fatal. Dengan cepat-cepat merealisasikan bisnis tersebut, maka seiring berjalannya waktu, seorang pebisnis perlahan-lahan akan belajar untuk memperbaiki usahanya.

Copy, Paste, Edit

Siapa bilang ide inovatif hanya datang dari sesuatu yang dihasilkan atas pemikiran panjang tanpa ada unsur ide yang telah ada sebelumnya? Justru dengan telah hadirnya sebuah ide yang lebih dahulu ada, seorang pemula bisa meracik ide tersebut ke dalam pemikirannya sendiri dan menelurkan ide inovatif bagi usahanya.


Yang diharapkan tentu ide inovatif si pemula ini mampu menutupi kekurangan yang ada pada produk sebelumnya. Contoh: pencetus ide raket nyamuk elektrik tentu akan melihat pada produk raket nyamuk rotan yang sebelumnya telah beredar. Dengan bantuan listrik, maka penggunanya tidak perlu khawatir, nyamuk yang menganggu sudah bisa dipastikan akan terpanggang dengan sekali sabetan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menelurkan Ide Bisnis Inovatif