Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Translator, Bisnis Menarik Bagi Si Jago Bahasa

Apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa yang bagus, terutama bahasa asing? Jika ya, maka jangan menyia-nyiakan kesempatan emas dengan menjadi seorang translator (penerjemah). Ini merupakan peluang bagi mahasiswa yang ingin tambahan uang jajan begitupun dengan yang sudah memiliki pekerjaan, hal ini bisa dijadikan usaha sampingan. Tidak perlu khawatir dengan berkembang pesatnya lembaga pendidikan bahasa dimana-mana, karena masih banyak diperlukannya tenaga translator pada bidang ini.

Lalu, pasar mana yang bisa Anda masuki guna memulai bisnis ini? Biasanya pengguna jasa penerjemah adalah korporat, organisasi, pribadi, sampai pemerintah. Sebelum memilih pasar mana yang akan Anda tuju, terlebih dahulu Anda harus mengerti dokumen-dokumen resmi yang biasa digunakan untuk diterjemahkan. Contohnya jika anda ingin terjun ke pasar korporat.


Maka dalam dunia korporat anda bisa mempelajari dokumen seperti akte jual beli, kontrak kerjasama (MOU), peraturan perusahaan (manual), laporan tahunan, petunjuk pemakaian (manual) dan dokumen lainnya.  Hal ini sangat penting Anda mengerti jangan sampai Anda ketika diminta untuk menerjemahkan sesuatu, Anda tanpa dibekali ilmu yang benar akan menyanggupi permintaan yang bukan pada keahlian Anda, tentu nantinya hal ini akan memiliki dampak yang buruk bagi bisnis Anda.

Bisnis ini juga tidak terbatas bagi mereka yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, karena untungnya sekarang ini bahasa dapat dipelajari melalui berbagai media. Anda bisa mengambil kursus atau belajar secara otodidak mengembangkan kemampuan Anda, sampai Anda siap terjun ke usaha ini.

Terdapat beberapa kiat yang bisa diperhatikan bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis ini:

1. Referensi
Anda harus memiliki referensi yang bagus untuk terjun ke bisnis ini. Anda bisa menengok ke arah biro jasa penerjemah yang sudah mapan dengan melihat seperti apa cara kerja mereka dan hal lain yang berhubungan dengan bisnis ini.

2. Sertifikat
Bisnis ini tidak serta merta memberikan kemudahan bagi mereka yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Apabila Anda ingin berkembang dan berusaha mendapatkan klien yang lebih besar, maka Anda sebaiknya mengambil sertifikasi. Sertifikasi ini nantinya menjadi bukti bagi Anda sendiri bahwa kemampuan Anda sudah lolos uji melalui serangkaian tes. Selain pengalaman, biasanya apabila klien disodorkan lembar sertifikasi, mereka sudah mengerti kualifikasi Anda sebagai penerjemah dapat dipercaya.

3. Contoh terjemahan
Buat salinan copy proyek yang pernah Anda terjemahkan. Apabila anda benar-benar pemula, maka Anda bisa membuat terjemahan Anda sendiri pada berbagai dokumen.

4. Surat Kontrak
Bisnis ini mungkin terlihat sederhana, namun untuk menterjemahkan sebuah dokumen diperlukan serangkaian proses yang membutuhkan keseriusan dalam pengerjaannya. Surat kontrak juga menjadi tanda bahwa Anda seorang profesional dan berani bertanggung jawab dengan komitmen.

Setelah mengetahui kiat-kiat yang harus diperhatikan seorang translator, sampailah kepada pertanyaan, “berapa potensi keuntungan yang bisa didapat?”. Jawabannya tentu sangat beragam di karenakan di pengaruhi faktor seperti, tipe klien seperti apa yang diterima dan jenis dokumen apa yang dikerjakan. Namun, bisa dijadikan patokan bahwa harga terjemahan dihitung per 1 kata yang Anda terjemahkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Translator, Bisnis Menarik Bagi Si Jago Bahasa