Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Usaha Susu Kedelai, Menguntungkan Sekaligus Menyehatkan Masyarakat

Ingin memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, namun diluar itu Anda ingin berkontribusi memberikan produk yang bisa memberikan kesehatan bagi konsumen? Jika ya, maka Anda bisa mempertimbangkan usaha berjualan susu kedelai. Mengapa susu kedelai? Karena selain susu sapi, peminat susu kedelai bisa dibilang cukup tinggi di Tanah Air. Modalnya pun bisa dibilang lebih terjangkau jika dibandingkan berjualan susu sapi.

Susu kedelai sarat akan gizi yang tinggi, serta dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mulai masalah kolesterol, menopause, osteoporosis sampai kepada masalah kecantikan kulit. Susu kedelai sarat akan isoflavon, sebuah antioksidan yang terkadung untuk melawan beragam penyakit tersebut.

Untuk memulai bisnis ini, Anda sebaiknya mempelajari segala sesuatunya mengenai kedelai dan susu. Tidak sulit untuk mempelajarinya, Anda bisa membeli buku resep susu kedelai, mencari referensi di internet atau Anda bisa langsung mengunjungi tempat pembuatannya. 


Membuat susu kedelai tidak diperlukan bakat tertentu, namun perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
1. Merendam biji kedelai.
Biji kedelai harus dikuliti terlebih dahulu untuk membantu proses ekstraksi. Setelah dikuliti, jangan lupa untuk dibilas. Proses merendam biji kedelai sendiri membutuhkan waktu hingga 10-16 jam.

2. Memanaskan biji kedelai.
Pemanasan ini sebenarnya bersifat optional. Pada intinya, proses ini berfungsi untuk menghilangkan bau yang disebut langu yang melekat pada biji kedelai. Memanaskan biji kedelai juga tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama, maksimal hanya 2 menit, dan Anda bisa memanfaatkan microwave untuk memanaskannya.

3. Menggiling biji kedelai.
Masukin biji kedelai yang sudah melewati proses rendaman ke dalam 1 liter air dalam mesin blender. Jangan lupa gunakan saringan untuk mengangkat ampas-ampas sisa dari sari kedelai, yang sudah bisa disebut susu.

4. Merebus susu kedelai.
Rebus susu kedelai dalam jangka waktu maksimal 10 menit sampai mendidih. Sebaiknya ditunggu sampai dingin. Di akhir proses, susu kedelai sudah aman untuk di konsumsi.
5. Memberi rasa.
Proses ini juga bersifat optional.

Harap diperhatikan bahwa susu kedelai baik dikonsumsi sampai batas maksimal 3 hari dari proses pembuatan. Disini Anda selaku penjual harus memutar otak untuk bisa cepat menjual produk Anda. Nah, untuk menghindari kerugian seperti pembuatan produk yang terlalu banyak, Anda bisa meminta keluarga atau kerabat Anda untuk mencicipi susu kedelai yang sudah Anda buat. Mintalah saran serta kritik mereka untuk membuat produk Anda lebih baik.

Anda juga harus terus melihat para pesaing Anda di bisnis ini, karena semakin mudah suatu produk dibuat, maka sudah pasti produk yang sama akan bermunculan. Disini inovasi dan teknik promosi Anda akan sangat berperan pada profit yang akan Anda capai. 

Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk mendongkrak penjualan susu kedelai:
1. Berani bermain dengan rasa, namun tidak berlebihan.
2. Membuat konsep promosi yang menarik.
3. Jika Anda membuka usaha ini di suatu tempat, maka buat tempat berjualan Anda sangat menarik.
4. Melakukan kerja sama dengan warung sampai toko.
Selamat mencoba usaha susu kedelai!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usaha Susu Kedelai, Menguntungkan Sekaligus Menyehatkan Masyarakat