Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Alternatif bisnis dari potensi daerah

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki keragaman yang unik, baik itu suku, budaya maupun makanan yang bisa menjadi potensi daerah. Diantara sekian banyak keragaman tersebut, makanan khas daerah adalah salah satu potensi daerah yang bisa di manfaatkan sebagai ladang bisnis yang sangat menggiurkan. Beberapa daerah di Indonesia sudah memiliki brand tersebut sendiri, misal untuk pisang dari Lumajang, dodol dari garut, nanas dari Subang, salak dari Jogja dan beberapa komoditas daerah lainnya.

Inovasi
Nah dari sini Anda bisa melihat apa saja produk daerah Anda yang potensial untuk di kembangkan, agar komoditas daerah tidak terpaku pada produk biasa maka perlu adanya inovasi yang bisa membuat produk tersebut lebih variatif, menarik dan tahan lama. Inovasi bisa dilakukan dengan berbagai cara misal dengan membuat keripik pisang, nanas atau bahkan salak yang berbeda dari produk biasa serta memiliki citarasa yang khas dan enak.


Brand dan kemasan yang unik
Brand yang unik adalah salah satu faktor yang akan menjadi penarik utama pelanggan nanti, namun sebelum membuat brand pilih dahulu target pasarnya seperti apa misal untuk anak muda berilah brand yang unik-unik sementara untuk segmen yang lebih tua buat brand yang lebih dewasa dan mencerminkan kedewasaan.

Untuk kemasan, pilihlah kemasan yang menarik, higienis dan rapi kemasan yang baik akan mencerminkan kualitas produk di dalamnya sehingga untuk membuat kemasan ini jangan membuat yang asal-asalan. Pilihlah kemasan yang bagus menaikan harga sedikit demi pengeluaran kemasan tidak ada salahnya.

Cara pemasaran
Untuk cara pemasaran terutama untuk produk baru bisa dilakukan dengan dua cara yaitu pemasaran online dan offline, untuk pemasaran offline anda bisa menitipkan produk anda kepada beberapa gerai yang menjual produk makanan khas daerah. Pilihlah kios yang strategis dan ramai, saat berjualan pertama kali jangan berorientasi kepada keuntungan namun disini anda memiliki misi memperkenalkan produk. Jika produk anda bagus maka penjualan ke dua ketiga dan seterusnya akan lebih mudah.

Untuk cara pemasaran online anda bisa menjual di toko bagus, kaskus, fb maupun twitter jual dengan sistem kirim ke luar kota dan berikanlah tenggat waktu layak produk.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Alternatif bisnis dari potensi daerah