Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Belajar Dari Paypal Bagaimana Mengembangkan Sebuah Bisnis

Bagi Anda yang tengah mempersiapkan sebuah bisnis baru, tentu Anda kini tengah disibukkan tentang produk apa yang harus dijual kepada konsumen maupun membuat daftar segmentasi pasar yang Anda tuju. Hal ini tentu menjemukan jika Anda tidak mengerti bagaimana melakukannya. Sebagai referensi, Anda bisa menengok pelajaran yang bisa dipetik dari perusahaan besar yang sudah mendunia yaitu Paypal.

Paypal yang kini terkenal karena memiliki fasilitas pembayaran online paling terpercaya di ranah online, dulunya bahkan tidak dimulai dari sektor perbankan. Paypal di tahun-tahun pertama usahanya merupakan sebuah perusahaan pembuat software security untuk perangkat mobile. Salah satu produknya yang terkenal adalah Pampilots.

Max Levchin, selaku co-founder Paypal menjelaskan bahwa ia justru mendapatkan ide baru untuk membuat produk sistem pembayaran elektronik disaat ia belum merasakan kesuksesan akan produk software keamanannya. Ia kemudian mendapatkan modal untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah sistem aplikasi pembayaran elektronik, dan sesaat setelah launching, orang mulai berdatangan dan tertarik dengan produknya itu.


Meskipun banyak yang tidak menyukai metodenya, namun lambat laun para customer pun luluh. Dalam kurun waktu 2 tahun saja, Paypal sudah mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari usahanya tersebut dan Levcin menjelaskan terdapat tiga faktor utama yang digunakan untuk membangun bisnisnya.

1. Pilih Bidang Yang Sangat Anda SUKA
Untuk memulai sebuah usaha, pastikan Anda hanya memilih sebuah bidang usaha yang sesuai dengan passion Anda, kenapa demikian? Jika Anda menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, sudah pasti Anda akan merasa nyaman dan bisa dikatakan Anda akan rela bekerja didalamnya selama 80 bahkan 100 jam ‘tanpa dibayar’.
Penting untuk memulai sebuah usaha yang bidangnya sesuai dengan kesukaan Anda. Di dalam rasa suka terdapat passion yang nantinya akan bekerja secara otomatis sebagai nyawa Anda dalam menjalankan usaha kedepan. Dengan passion yang baik, hal ini akan menuntun Anda kedalam rasa nyaman dalam usaha, sehingga Anda akan mampu memaksimalkan produk Anda.

2. Buat Rancangan Produk
Sebelum memutuskan meluncurkan produk ke pasar, ada baiknya membuat rancangan produknya lebih awal dengan biaya yang murah. Hal ini membantu Anda untuk mengetahui minat konsumen Anda akan produk yang akan dijual.
Meskipun orang lebih suka melancarkan produknya tanpa ada embel-embel seperti rancangan, namun jika Anda ingin optimal, maka membuat rancangan dan menyebarkan adalah langkah positif yang bisa membantu produk Anda.

3. Cari Kebutuhan Konsumen
Menerka kebutuhan konsumen sebelum membuat sebuah produk merupakan cara terbaik untuk terhindar dari kegagalan sejak start pertama. Untuk menemukan kebutuhan konsumen sendiri sebetulnya bukanlah hal yang menyulitkan. Anda bisa melakukan hal dengan rinci seperti membuat kuosioner atau menggunakan cara simpel seperti berdialog dengan orang banyak.

Dengan mengetahui kebutuhan konsumen, maka segmentasi pasar bisa ditetapkan jika ingin mengikutinya. Hal ini juga berguna bagi mereka yang sulit untuk menelurkan ide brilian. Dengan mengetahui kebutuhan, maka perusahaan bisa fokus membuat produk yang bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan tertentu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Dari Paypal Bagaimana Mengembangkan Sebuah Bisnis