Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bijak dalam memanfaatkan dana bonus

Dana Bonus adalah sebuah dana yang diberikan pada karyawan saat pergantian tahun, dana ini biasanya di berikan atas kinerja yang telah diberikan oleh karyawan terhadap perusahaan. Biasanya semakin besar kinerja positif yang diberikan maka akan semakin besar pula dana bonus yang akan kita dapatkan, biasanya karyawan yang menerima bonus ini menjadi khilaf dan lebih suka menghamburkan dana tersebut di banding memanfaatkan dengan hal yang positif.

Jika Anda seorang karyawan dan memiliki angan-angan untuk memiliki usaha sendiri tentu saja hal ini bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan. Apa saja kah tips saat menerima bonus, simak ulasannya disini.


1. Sisihkah untuk simpanan dana pribadi
Saat mendapatkan bonus, sisihkan uang untuk dana pribadi. Dana pribadi ini dibutuhkan saat kita membutuhkan tambahan uang disaat kesulita, tnetu tidak bijak jika kita bisa menghamburkan uang saat menerima bonus namun harus berhutang saat di himpit kebutuhan.

2. Sisihkan untuk dana investasi
Saat memiliki impian untuk memulai investasi di masa depan tentu saja kita harus memiliki alokasi dana tertentu untuk mempersiapkan dana investasi. Apa sajakah investasi yang diperlukan tersebut, investasi pertama tentu saja modal. Penuhi modal yang diperlukan untuk investasi, tambahan dana dari bonus tentu akan semakin mendekatkan kebutuhan dana investasi anda.

3. Utamakan prioritas
Saat tutup tahun biasanya godaan untuk belanja akan semakin besar karena pebisnis baik hotel dan pariwisata akan semakin gencar dalam melancarkan promosi besar-besaran. Jika anda tidak tahan terhadap prinsip maka hal ini bisa membuat kondisi keuangan anda menjadi terguncang, untuk itu utamakan prioritas mana yang butuh dan mana ingin. Utamakan dahulu yang butuh dan susun listnya berdasar skala prioritas, utamakan yang paling penting terlebih dahulu.

4. Lunasi tagihan
Tagihan dan pinjaman walaupun masih memiliki jangka yang panjang tetap saja pinjaman adalah pinjaman yang harus terbayarkan. Untuk itu jika memang ada pinjaman terutama bukan pada bank yang ada jangka waktu maka usahakan penuhi terlebih dahulu dan tutupi. Semakin cepat pinjaman terpenuhi maka akan semakin ringan juga pinjaman yang harus anda bayarkan nanti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bijak dalam memanfaatkan dana bonus