Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Kiat sukses membuka minimarket yang berbeda

Menjamurnya swalayan mini atau toko penjualan yang berkonsep modern di berbagai sudut di kota membuat kita berpikir untuk ikut serta membuka usaha ini. Apalagi jika dilihat bahwa minimarket ini ada yang selalu buka selama 24 jam sehingga potensi pembeli dan keuntungan pun semakin besar. Jika melihat semua kelebihan ini tentu kita pun berpikir untuk membuka usaha yang cukup menguntungkan ini. Apasajakah kelebihan dan kekurangannya ?, simak ulasannya disini.

- Harus ada nilai yang berbeda
Membuka minimarket tentu kita harus berhadapan dengan banyak minimarket lainnya termasuk jaringan minimarket besar seperti halnya Indomaret ataupun Alfamart, untuk mensiasati hal tersebut, kita perlu menawarkan sesuatu yang berbeda kepada pembeli agar minimarket yang kita jalankan juga memiliki nilai yang lebih dimata pembeli.


Nilai lebih tersebut bisa berupa beda konsep, memiliki perbedaan dalam barang yang dijual ataupun berbagai perbedaan lainnya.

- Jeli memilih tempat
Dalam memilih tempat untuk minimarket, perlu untuk mendirikan tempat yang bagus dan strategis. Tempat yang bagus dan strategis biasanya berada di lingkungan kampus dan mahasiswa, lingkungan ini sangat potensial karena setiap hari hingga malam lingkungan mahasiswa dan kampus selalu ramai dan banyak menawarkan pembeli.

Hindari membuka minimarket di dekat pasar tradisional, selain karena lingkungan ini memiliki segmen pasar yang berbeda juga kita harus memiliki tanggungjawab moral untuk “menjaga dan melindungi” pasar tradisional yang masih terbatas.

- Tiru amati dan modifikasi
Sebagai survey maka kita dapat meniru, mengamati dan memodifikasi berbagai model minimarket yang sudah ada saat ini. Minimarket besar yang membuka franchise selama ini tidak selalu mendapatkan keuntungan, untuk itu kita harus mengamati beberapa minimarket yang maju dan berkembang. Minimarket yang maju dan berkembang bisa menjadi acuan untuk kita dalam membuka minimarket.

Selain meniru kita juga harus memodifikasi berbagai model dan konsep minimarket yang ada agar bisa memiliki nilai lebih. Sebaliknya kita juga perlu menghindari beberapa kelemahan dan penyebab minimarket yang mengalami kemunduran.

- Pilih ikon yang unik
Untuk nama, ikon minimarket maka kita perlu memikirkan ikon dan nama yang unik dan berbeda agar bisa menarik perhatian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kiat sukses membuka minimarket yang berbeda