Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membangun Brand Audience Sebagai Link Building

Bagi mereka pebisnis yang lebih sering menggunakan sosial media sebagai lapak utamanya dalam melakukan aktivitas bisnisnya, maka konsep ‘’konten adalah raja’’ merupakan sesuatu hal yang harus betul dicermati untuk membangun brand (citra) perusahaan. Audiens disini sendiri adalah mereka yang dianggap sebagai sebuah subjek paling penting untuk melihat konten yang akan ditampilkan para pebisnis.

Patut dicermati bahwa membangun brand audience bukanlah melulu soal promosi gencar, lebih dari itu, tindakan ini merupakan sebuah aksi link building antara penjual dan pembeli. Terdapat empat hal utama yang harus dibangun.

Komunikasi

Bentuk komunikasi yang baik pada ranah media sosial yaitu ketika terjadinya komunikasi dua arah. Mudah untuk melihat apakah suatu bentuk komunikasi yang diusung oleh perusahaan mendapat tanggapan yang baik atau tidak, salah satunya dengan feedback. Feedback merupakan sebuah komentar balasan yang diberikan oleh audiens terhadap topik yang mereka anggap menarik.


Untuk memancing komentar dari para audiens pun sebenernya bukan hal yang benar-benar sulit, pebisnis dapat mem-posting konten berjualan yang memiliki info lengkap. Jangan lupa untuk selalu merespon feedback yang diberikan oleh audiens. Sementara, jika komentar berbau negatif menghampiri, sebaiknya jangan diacuhkan, karena kedewasaan perusahaan dapa dilihat disini. Pastikan beritahu tim customer service untuk bertindak tidak gegabah menghadapi sebuah cercaan dan segala bentuk intimidasi.

Kolaborasi

Tahapan selanjutnya yang bisa dibangun setelah membangun komunikasi adalah dengan membangun kerjasama dalam bentuk kolaborasi. Penting bagi para audiens untuk merasa menjadi bagian dari brand yang mereka gunakan. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah konsep ‘’suara pelanggan’’. Dengan memanfaatkan media surat pelanggan maka seorang audiens mampu mengutarakan kritik maupun saran yang nantinya akan membantu brand perusahaan Anda agar berkembang lebih baik.

Edukasi

Memberikan edukasi kepada audiens perihal produk merupakan tahap dimana perusahaan memberikan penyuluhan bagi para pelanggannya. Edukasi selalu memiliki dampak positif yang bisa dipetik oleh para audiensnya. Tekankan bahwa produk yang dibangun tentu semuanya akan bermuara kepada kepentingan seorang konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Edukasi juga merupakan bentuk lain dari mengikat audiens. Misalnya, Anda bisa membuat kampanye bisnis yang berkaitan dengan produk yang akan diluncurkan kepada pelanggan setia sebelum keluar di pasaran. Audiens akan merasa sangat dihargai dan spesial, sehingga yang terjadi audiens akan ikut menunggu produk yang akan muncul tersebut.

Hiburan

Tidak ada salahnya untuk mengajak audiens sedikit rileks dengan memberikan konten yang berbau refreshing dan hiburan. Bagaimana caranya? Misalnya, jika menggunakan sosial media Twitter, silahkan nge-Tweet sesuatu yang akan membuat audiens Anda terhibur, tweet-tweet yang memiliki muatan romansa biasanya sering dijadikan senjata utama bagi para penjual online untuk menghibur pelanggan mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membangun Brand Audience Sebagai Link Building