Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Menangkap Peluang Budidaya Ikan Air Tawar

Apakah Anda tahu bahwa kebutuhan akan ikan air tawar cukup tinggi di tiap daerah? Sementara supply nya sendiri belum maksimal. Hal ini bisa menjadi celah bagi para pebisnis yang ingin membuka usaha baru. Permintaan yang cukup tinggi di pasar membuat para pelakunya tentu memiliki kesempatan untuk mendapat banjir keuntungan.
Simak budidaya ikan air tawar apa saja yang memiliki tingkat potensi sangat tinggi saat ini dan kedepan.

1. Ikan Lele
Siapa yang tidak pernah menyantap ikan lele? Jika belum, maka Anda bisa mencicipi masakan ini dari kaki lima hingga restoran mahal. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling laris untuk dikembangbiakan. Selain mudah, potensi keuntungannya pun sangat tinggi. Ikan lele memiliki tekstur yang empuk dan rasa daging yang enak, sehingga pasarnya sendiri memiliki jenjang umur yang bervariasi.


2. Ikan Mas
Ikan mas bisa dibilang merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering disantap. Terutama pada bagian kepala. Membiakan ikan mas bisa menjadi sesuatu yang sangat profitable kedepannya. Hal yang harus diingat bahwa ikan mas memiliki harga jual yang lebih mahal ketimbang ikan lele, sehingga penting untuk menentukan target konsumen terlebih dahulu.

3. Ikan Nila
Ikan nila mudah dijumpai dimana-mana sampai pada warung makan (warteg) di berbagai tipe daerah, dari kecil hingga menengah. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk dikembangbiakan, lebih baik dari ikan lele, karena ikan nila memiliki penyakit yang lebih sedikit. Tidak seperti ikan lele yang akrab dengan air kotor, ikan nila lebih baik di kembangbiakan dalam lingkungan yang lebih steril. Pembesarannya sendiri bisa dibilang cukup cepat, sehingga mudah untuk mempercepat proses panen.

4. Ikan Patin
Ikan patin merupakan salah satu menu favorit yang hampir menghiasi menu keluarga-keluarga di pelosok Nusantara. Konsumen ikan patin biasanya menjajakan makanan ini untuk keluarga, meskipun mudah juga ditemui di warung makan. Target pasar yang bisa diincar untuk menemukan pembeli ikan patin dalam jumlah besar salah satunya adalah supermarket.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menangkap Peluang Budidaya Ikan Air Tawar