Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Mengintip Jenis Usaha Mahaswa PPM Untuk Ditiru

Kegiatan meniru pada umumnya dituding merupakan sebuah kebiasaan buruk untuk diikuti, namun pada konteks lain, meniru sesungguhnya bisa menjadi langkah yang tepat untuk memulai bisnis. Contoh umumnya saja tukang nasi goreng, berapa banyak tukang nasi goreng yang berjualan di daerah Anda? Pasti banyak!

Kita tidak akan meniru jualan tukang nasi goreng disini, namun ada hal menarik yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa PPM School of Management, dimana pada mata kuliah kewirausahaan mengharuskan mahasiswanya bertindak layaknya seorang pebisnis profesional. Mereka tidak hanya membuat konsep awal bisnis ini namun lebih juga diminta untuk menjalankannya dalam periode yang sudah ditentukan. Apa saja jenis usaha yang dicetus oleh adek-adek mahasiswa ini? Mari diintip!


1. Bisnis Pastry(Delici Cakes)

Delici yang mungkin merupakan kependekan dari kata delicious, merupakan jenis usaha yang bergerak pada bidang kue-kue. Produknya sendiri terdiri dari Cheese Cake, Nutella Pisang, Pie Susu dan Rice Crispy. Produk ini dibuat secara homemade dengan menggunakan bahan berkualitas dan dijual pada kisaran harga 3000 sampai 40 ribu rupiah.

Promosinya sendiri akan dipusatkan pada event seperti Car Free Day sampai ranah sosial media. Dengan begitu maka produk ini akan mudah dikenali masyarakat luas. Sayangnya Delici Cakes hanya bersedia membuat produk pre-order atau pesan dulu baru jadi, hal ini cukup menyusahkan bagi konsumen yang ingin langsung membeli produknya di tempat.

2.      Bisnis Kuliner (Pape Cafe)

Pape merupakan singkatan dari Pagi Petang dan bisnis ini bergerak pada sektor culinary dimana produk-produk yang ditawarkan antara lain kopi, makanan ringan seperti cemilan hingga makanan berat. Pangsa pasarnya sendiri mengincar mahasiswa, karyawan kampus PPM sendiri. Harga? Cukup bagi mereka yang kantongnya tipis! Range harganya ada di 5000 sampai 20 ribu rupiah. Sangat murah dan menarik!

3. Bisnis Fashion (Mobius)

Mobius bergerak pada sektor fashion, dimana produk utamanya adalah kemeja laki-laki dan perempuan. Kemeha merupakan jenis pakaian yang nyaman untuk dipakai serta memiliki sifat produk yang mudah dijual. Harganya sendiri berkisar diatas 100 ribu rupiah.

4. Bisnis Kuliner II ( Wagiman)

Bisnis kuliner yang diberi nama Wagiman ini memiliki ciri khas yang unik sebagai suatu unit bisnis kuliner, dimana tim pembuatnya mengedepankan penggunaan bahan-bahan alami. Kisaran harganya pun luar biasa murah, dibawah 15 ribu rupiah! Menu-menu yang ditawarkan juga cukup simpel namun familiar, yaitu seperti telur dadar + nasi, nasi orek tempe, bakwan, tempo mendoan, aneka tahu serta perkedel.

Yang patut ditiru adalah konsep pemasarannya, dimana Wagiman memiliki promosi permainan kecil-kecilan dengan hadiah makan gratis! Trik pemasaran seperti ini sangat baik digunakan untuk menarik hati konsumen. “Gratisan! gratisan!”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengintip Jenis Usaha Mahaswa PPM Untuk Ditiru