Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Pentingnya mengelola keuangan dalam berbisnis

Pengelolaan keuangan merupakan dinamo penggerak yang menjalankan sebuah aktivitas bisnis. Baik atau buruknya pengelolaan keuangan ini juga bisa menentukan apakah suatu unit bisnis dapat bertahan dalam periode yang lama atau hanya sesaat. Untuk itu agar bisnis bisa berjalan dengan benar maka perlu pengelolaan keuangan yang baik, simak beberapa tipsnya disini. 

1. Transaksi Dalam Bentuk Tunai
Bagi para pemula ada baiknya untuk selalu mengutamakan pembayaran tunai. Hal ini selain memudahkan dari segi penerimaan, namun lebih dari itu sangat memudahkan juga dari segi pencatatan arus kas. Sementara bagi para pebisnis yang menggunakan sarana online, bisa mensiasati hal ini dengan memberikan opsi COD (Cash On Delivery) bagi pembeli yang berada di dalam wilayah yang dekat dengan penjual.

2. Hindari Stok Yang Menggunung
Stok barang merupakan salah satu indikator yang diam-diam cukup diperhatikan oleh konsumen. Konsumen secara umum biasanya lebih menyukai apabila seorang penjual memiliki stok barang yang banyak, karena dengan stok yang banyak, maka opsi pemilihan barang akan semakin beragam. 


Hal ini mungkin lumrah dari segi konsumen, namun dari segi pebisnis, jika tidak cermat, maka stok yang kebanyakan tadi bisa jadi petaka tersendiri. Karena stok merupakan aset, modal, dan harta yang terendap di gudang. Jika tidak bisa memanfaatkannya dengan baik maka bukan tidak mungkin pengelolaan keuangan pun menjadi berantakan,

Salah satu cara terbaik dalam melakukan manajemen stok adalah dengan menyetok barang/produk yang paling laris di beli oleh konsumen. Sementara untuk stok produk yang memiliki minat rendah, jangan dibiarkan melompong, seorang pebisnis haruslah bisa menjual produknya dengan berbagai teknik. Membuat sistem pengontrolan stok yang sederhana juga bisa membantu Anda dalam melakukan manajemen stok secara tepat sasaran.

3. Belum Saatnya Untuk Berinvestasi Dalam Jumlah besar
Penting untuk selalu bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa dalam menjalankan sebuah bisnis. Investasi merupakan salah satu faktor yang dianggap krusial bagi pebisnis yang menginginkan profit lebih kencang, tidak salah memang jika usahanya sudah mapan, namun bagi yang baru memulai, sebaiknya hal ini ditahan terlebih dahulu. 

Pelajari target pasar lebih baik dan mendalam sebelum melakukan investasi dalam jumlah besar, seperti membuka cabang dan memasang iklan berbayar yang jor-joran. Karena Investasi dengan jumlah yang besar tentu melibatkan keuangan yang besar pula, jika tidak selektif maka kondisi keuangan bisa terguncang.

4. Belajar Manajemen Keuangan
Sebuah bisnis sudah pasti akan mendekatkan seseorang dengan uang dan ketika seseorang sudah dekat dengan uang, selalu ada dua kemungkinan yang terjadi, bersahabat atau bermusuhan. Seseorang yang dimaksud bersahabat dengan uang adalah mereka yang mengerti bagaimana cara mengelola uang dengan baik, tidak menjadi gelap mata atas profit yang di dapatkan dan cenderung berhati-hati.

Sementara kebalikan dari orang yang bersahabat adalah orang yang bermusuhan dengan uang. Orang dengan karakter ini mudah di manipulasi oleh kemewahan-kemewahan yang ditawarkan ketika menggenggam uang, terutama jika mendapatkannya dalam jumlah yang besar.

Penting untuk belajar manajemen keuangan, karena dengan begitu, seorang pebisnis bisa mengetahui langkah apa yang akan mereka lakukan ketika sudah berhadapan dengan uang. Manajemen keuangan juga bukan suatu hal yang sulit dipelajari, hanya cukup menggunakan konsep learn and practice, maka seorang pebisnis sudah bisa dianggap ke arah jalan yang benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pentingnya mengelola keuangan dalam berbisnis