Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Resep Rahasia Berbisnis Ala Jepang

Sebagai salah satu negara paling maju di Asia, Jepang telah membuktikan diri tidak hanya dalam skala Asia, namun dunia, bahwa bangsa mereka terdepan dalam hal ekonomi. Hal ini tidak bisa lepas dari peran masyarakatnya sendiri yang terampil dalam hal berbisnis. Berikut merupakan beberapa sifat pebisnis asal Jepang yang bisa kita contoh sebagai resep sukses untuk memajukan usaha kita.

1. Bekerja Keras
Ambisi Jepang guna dianggap sebagai salah satu negara berkuasa pun ikut diilhami oleh masyarakat mereka sendiri. Bekerja keras merupakan salah satu bentuk nyata bagaimana seseorang berupaya guna mewujudkan sebuah keinginan. 

Seorang pebisnis asal Jepang biasanya memiliki resep takut gagal, justru rasa takut tersebut biasanya diresapi dan dianggap sebagai suatu tahapan yang pasti harus dilalui. Kita bisa mengambil contoh bahwa untuk mencapai tangga kesuksesan, terdapat sebuah tangga yang bernama kesulitan yang harus dilalui terlebih dahulu.


2. Fokus Pada Ketrampilan Jika kita masih sering melihat seorang pekerja di Tanah Air yang hanya bermodalkan nekat dan semangat, maka hal seperti ini sulit ditemui di Jepang. Orang Jepang percaya bahwa seorang pebisnis haruslah memiliki ketrampilan yang spesifik apabila usahanya ingin berhasil. Jangan berharap ingin sukses jika ketrampilan yang Anda miliki hanya berada di kelas “umum”.

3. Organisasi Yang Rapih
Orang Jepang sangat mengutamakan kerjasama tim dibandingkan kemampuan individu. Dari level paling rendah sampai teratas pada sebuah organisasi, biasanya peranan dan tugas kerja seseorang sudah memiliki porsinya. Meskipun terdengar mengekang, namun hal ini sangatlah kuat dari segi fondasi. Dengan membangun pilar bisnis yang kuat, maka kesuksesan pun sudah menjadi jaminan tersendiri untuk datang.

4. Bisnis Merupakan Seni Mengatur
Setelah memiliki fondasi bisnis yang kuat melalui sebuah struktur organisasi, maka satu sifat yang tidak kalah penting adalah menjalankan bisnis tersebut dengan menganggapnya sebagai sebuah seni mengatur.
Tidak jarang kita temui seorang pebisnis terlebih dahulu melihat takaran keuntungan yang mungkin diraup oleh bisnisnya untuk menentukan prioritasnya dalam menjalankan usahanya. 

Bagi orang Jepang, segala macam bisnis akan mendapatkan perlakuan yang sama. Justru apabila sebuah usaha memiliki keuntungan yang belum maksimal, maka ia akan berpikir dengan keras bersama tim bagaimana mendongkrak potensi keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan pengaturan (setting) terhadap bisnisnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Rahasia Berbisnis Ala Jepang