Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Sukses berbisnis kerajinan tangan dari limbah plastik

Membuka usaha tidak selalu harus memiliki latar belakang bisnis atau ilmu yang tinggi, seseorang dengan pendidikan minim dan berangkat dari keluarga yang tidak berkecukupan pun bisa mereguk sukses jika ia mampu untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang yang datang. Salah satu contoh sukses seorang pebisnis yang memulai bisnisnya dari nol adalah Sumarmi, seorang pengusaha berbagai produk rumah tangga dari plastik bekas asal Pati.

Sumarmi bukanlah seorang pekerja formal atau umum yang biasa dilakukan calon pebisnis lainnya namun Sumarmi adalah seorang yang awalnya hanya menjadi tukang buruh cuci, sementara suaminya hanyalah tukang becak. Dari ketidak sengajaan saat dirinya mengumpulkan plastik bekaslah yang mengantarkannya menuju gerbang kesuksesan. 


Plastik bekas yang melimpah dan terbuang serta tidak perlu dana untuk mendapatkannya  karena termasuk limbah, Sumarmi sulap menjadi berbagai barang keperluan rumah tangga. Sekarang Sumarmi sudah mantap berbisnis berbagai kerajinan dari bahan plastik, kerajinan yang kemudian ia beri nama Mbarek tersebut sekarang sudah bisa memberinya tempat tinggal.

Dalam satu minggu Sumarmi dengan produksi Mbareknya telah menghasilkan sekitar 1600 buah produk dalam seminggu, dengan jumlah produk sebanyak ini maka omzet yang dihasilkan sekitar 20 juta, jadi dalam satu bukan Sumarmi mampu mengapalkan omzet sebesar 80 juta rupiah. Untuk jenis produknya sendiri Sumarmi menjual dengan kisaran harga yang bervariatif yang paliang murah adalah produk dengan harga Rp. 6.000 hingga yang paling mahal adalah produk dengan harga Rp. 125.000 per buah.

Yang lebih bagusnya lagi, dari hasil usaha Sumarmi ini bukan hanya dinikmati sendiri namun berhasil memberdayakan beberapa karyawan yang berasal dari lingkungan sekitarnya, total jumlah karyawan yang sudah bergabung untuk membantu usaha Sumarmi sekarang adalah sekitar 50an orang. 

Bisnis yang bisa memberdayakan orang banyak untuk bekerja seperti inilah yang sangat di sarankan di era bisnis jaman sekarang. Karena dari bisnis bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan penghasilan, Andpun bisa meniru langkah Sumarmi ini dengan cara memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada dan tersedia di lingkungan sekitar kita. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sukses berbisnis kerajinan tangan dari limbah plastik