Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips budidaya lele berkualitas bagus

Lele merupakan salah satu jenis lauk yang sangat di gemari oleh kalangan masyarakat Indonesia, lele ini disukai karena harganya yang murah serta rasanya yang enak. Aneka kuliner berbahan lele ini tersebar dari mulai kuliner restoran mahal hingga kuliner kaki lima yang murah meriah namun menawarkan cita rasa yang lezat. Melihat besarnya pasar yang ditawarkan oleh ikan lele inilah sehingga wajar jika jenis ikan ini selalu diminati dan memberikan permintaan pasar yangh stabil.

Nah jika anda tertarik untuk berbisnis membudidayakan ikan lele, maka berikut kami tampilkan beberapa kiat bisnis lel yang bisa menghasilkan keuntungan melimpah.


1. Tempat budidaya yang baik
Lele identik dengan tempat budidaya yang jorok untuk itu agar produk lele anda memiliki kualitas tinggi dan diminati oleh pelanggan dari restoran kelas atas maka buatlah tempat budidaya yang bersih dan nyaman, jangan membuat budidaya yang kotor kalau bisa maka dibuat dengan tempat budidaya yang modern.

2. Kualitas pakan yang baik
Lele termasuk ke dalam golongan ikan yang rakus, apapun makananya selama lele bisa cerna biasanya dapat di mangsa. Walau lele tidak pemilih dalam pakan dan termasuk rakus dalam memakan segala namun jika ingin menghasilkan lele berkualitas tinggi yang di sukai pasar premium maka anda perlu memberikan pakan yang bersih dan jangan asal beri.

3. Tawarkan lele
Setelah anda memiliki tempat budidaya lele yang bagus, perawatan yang bersih dan hasil produk lele yang sangat baik maka sudah saatnya menawarkan produk lele anda. Buatlah website dan pasang iklan yang tertarget, buat pelanggan anda datang dan melihat sendiri tempat budidaya lele anda, jika memang mereka mencari lele yang baik dan bersih maka dengan melihat/survey sendiri ke tempat budidaya maka bukan tidak mungkin mereka akan langsung tertarik memasok lele dari anda.

4. Ciptakan olahan lainnya
Produk lele mentah biasanya mengalami fluktuasi harga sehingga tidak kurang banyak peternak yang rugi saat panen. Untuk mencegah hal tersebut buatlah olahan berbagai produk lele seperti kripik, abon  atau berbagai olahan lele lainnya yang bisa di kemas dan tahan lama tanpa pengawet.
Olahan lele ini selain bisa mendongkrak pendapatan juga bisa menipiskan kerugian saat harga lele mentah sedang jatuh.

Itulah beberapa tips budidaya lele yang memiliki kualitas bagus, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips budidaya lele berkualitas bagus