Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips mempercayakan cabang kepada karyawan

Saat sebuah usaha yang sedang kita tekuni semakin besar tentu kita perlu perluasan cabang dan bisnis ke kota/daerah lain agar usaha yang kita geluti berjalan semakin pesat dan banyak. Namun walaupun semua terlihat masih di bawah kendali, membuka cabang di kota/daerah lain dengan mempercayakan bawahan kita sebagai pemegang bisnis cabang sering berjalan tidak mudah, salah satu hal yang biasanya jadi kendala adalah masalah kepercayaan dan kinerja.

Memberi wewenang bawahan untuk memegang bisnis cabang tentu akan memberikan sedikit ketidak percayaan, kekhawatiran akan kinerja , dan ketakutan akan amanah yang bisa di pegang. Untuk mengatatasi hal tersebut kita perlu melakukan beberapa cara agar kinerja dan kepercayaan bawahan yang memegang bisnis cabang menjadi jujur dan bekerja sesuai yang diarahkan walaupun tidak selalu kita awasi. Berikut tips-tipsnya.


1. Pilih karyawan terbaik
Saat akan mempercayakan kendali bisnis cabang maka percayakanlah kepada karyawan terbaik yang meliputi, loyalitas, kinerja dan kejujuran. Karyawan terbaik bisa Anda lihat dari bisnis utama Anda dimana karyawan terbaik akan memiliki kinerja dan etika yang baik saat bekerja.

2. Susun dan kenali SOP dengan detail
SOP sangat penting dalam menentukan cakupan apa saja yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha, tentukan SOP dan susun dengan baik kemudian berikan kepada pimpinan cabang Anda nantinya. SOP yang baik dan tersusun dengan baik akan membuat karyawan paham dengan lingkup kerja yang Anda inginkan.

3. Berikan Pelatihan
Jika calon karyawan yang akan ditempatkan di bisnis cabang Anda rasa memiliki kekurangan dalam hal kinerja dan etika berikanlah pelatihan yang baik hingga Ia benar-benar sipa dan mampu untuk memegang kendali cabang.

4. Buat aplikasi keuangan yang baik
Aplikasi keuangan yang baik akan membuat sistem keuangan di bisnis cabang tersusun dengan baik, untuk  itu buatlah aplikasi keuangan yang sudah terkomputerisasi sehingga Anda bisa memantau alur keuangan dan kinerja dengan benar.

5. Lakukan kunjungan mendadak dan pasang alat teknologi
Kunjungan mendadak akan membuat Anda bisa melihat kinerja di lapangan bisnis cabang Anda, lebih bagus lagi jika kunjungan tersebut tidak diketahui oleh karyawan. Dan cara lainnya dengan memberikan monitoring seperti cctv, sistem absensi, security dan lain lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips mempercayakan cabang kepada karyawan