Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips mengatasi perubahan status dari karyawan menjadi pebisnis

Saat seseorang memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis dan melepas statusnya dari karyawan maka akan ada banyak sekali perubahan yang di dapatkan, perubahan-perubahan tersebut meliputi berbagai hal seperti keuangan, kesehatan dan rutinitas. Untuk keuangan tentu yang akan mengalami perubahan ada pada pendapatan dan kas yang biasa masuk per bulan. Saat karyawan kita akan mendapatkan pendapatan yang rutin sehingga arus kas dan pengeluaran bisa lebih di prediksi sebelumnya.

Sementara saat kita memutuskan menjadi pebisnis maka arus kas dan pendapatan tersebut tidak akan ada, hal yang kedua yakni kesehatan saat masih menjadi karyawan maka biasanya kita akan mendapatkan biaya kesehatan, dan untuk rutinitas maka akan terjadi perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan tersebut ada pada rutinitas ke kantor yang tetap dan terjadwal akan mengalami perubahan, karena saat berbisnis jadwal kita yang akan menentukan sendiri.


Agar kita tidak mengalami masalah saat menghadapi perbedaan yang akan di dapatkan saat menjadi pengusaha maka perlu dilakukan beberapa hal yang diperlukan seperti :
- Pemeriksaan arus kas
Pemeriksaan arus kas meliputi kas pemasukan dan pengeluaran, arus pemasukan berupa penghasilan bersih dari bisnis yang dilakukan. Pengeluaran tidak boleh lebih dari pemasukan bulanan agar kesehatan kas bisnis selalu terjaga sehat.

- Sisihkan pendapatan untuk kesehatan
Untuk menjaga kesehatan dan menghindari adanya pengeluaran yang besar saat sakit maka kita bisa mengikuti asuransi kesehatan. Untuk mengikuti asuransi kesehatan maka kita perlu menentukan terlebih dahulu jenis asuransi yang pas, pilihlah asuransi terbaik, transparan dan peraturannya sehingga tidak terjadi sebuah keteledoran atau penyesalan akibat kebijakan asuransi yang menjebak.

- Atur jadwal
Mengatur jadwal adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis, walau waktu kita yang menentukan sendiri namun kita juga perlu disiplin dalam menjalankan waktu dan jadwal. Pagi-pagi harus sudah memulai bisnis, malam jangan terlalu larut untuk istirahat karena esok paginya kita harus memiliki energi lebih untuk menjalankan bisnis.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dan masukan saat kita akan menjalankan bisnis. Pada dasarnya antara bisnis dan karyawan juga tidak terlampu memiliki perbedaan yang signifikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips mengatasi perubahan status dari karyawan menjadi pebisnis