Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips menghemat anggaran untuk ibu rumah tangga

Selain suami yang berkewajiban untuk memberikan pendapatan bagi keluarga, sang istri yang biasanya menjadi ibu rumah tangga dan menggeluti bisnis sampingan pengisi waktu juga perlu untuk bisa mengatur anggaran keluarga. Hal ini dilakukan agar tidak lagi terjadi kekurangan dalam hal menutupi kebutuhan keluarga dan bisa tetap mengalokasikan dana dengan lancar ke tiap-tiap kebutuhan pos bulanan hingga gajian bulan depan tiba.

Agar Anda sebagai ibu rumah tangga tidak lagi kesulitan dalam mengatur pengeluaran, berikut kami tampilkan beberapa tips mengatur pendapatan keluarga ;


- Mengatur perencanaan keuangan yang baik
Buatlah pengaturan keuangan dengan skala prioritas, misal susun beberapa kebutuhan pokok di daftar pertama pengeluaran seperti kebutuhan dapur, sekolah, listrik dan beberapa kebutuhan pokok lainnya yang tidak dapat ditinggalkan.
Lalu di post kedua barulah bisa menyusun beberapa pengeluaran tambahan jika kebutuhan pokok yang lebih penting sudah terpenuhi.

2.      Usahakan menabung
Menyisihkan uang dari pendapatan penting dilakukan, jika belum bisa menabung dengan jumlah yang besar maka anda bisa menabung dengan jumlah yang kecil namun diusahakan bertahap setiap bulannya hingga bisa mendapatkan jumlah tabungan yang ideal dan tetap setiap bulannya.

3.      Buat tabungan di rumah
Tabungan di rumah bis di buat dari berbagai hal yang sederhana seperti celengan, celengan ini berguna untuk menyimpan uang yang tercecer hasil belanja dan membeli kebutuhan lain. Uang sisa yang sepele ini sering di abaikan, namun uang sisa yang sepele ini akan menjadi besar dan banyak jika di kumpulkan dan dibuka setelah penuh.

4.      Usaha kecil-kecilan
Ini adalah langkah paling jitu dan efektif untuk mengamankan pengeluaran anda, mengamankan pengeluaran dengan menambah penghasilan dari bisnis yang ibu tekuni adalah langkah yang paling bijak. Untuk memilih jenis bisnis yang tepat anda bisa memulainya dari hobi atau keahlian, menjalani usaha dari hobi dan keahlian akan membuat anda fokus dalam menjalaninya dan kemungkinan untuk bisa maju dan berkembang menjadi lebih besar.


Itulah beberapa tips dalam menjalankan pengaturan anggaran untuk keluarga, selamat mencoba dan semoga membantu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips menghemat anggaran untuk ibu rumah tangga