Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips sukses budidaya ayam

Usaha ayam Broiler atau ayam sayur adalah salah satu jenis usaha yang selalu banyak peminat dan menawarkan peluang pendapatan yang tinggi, namun usaha ayam ini juga termasuk ke dalam usaha yang fluktuatip sehingga para penggelutnya sering mengalami kerugian akibat dari jatuhnya harga ayam di pasaran. Nah agar Anda tidak termasuk ke dalam salah satu pebisnis yang mengalami kejatuhan harga akibat harga jual yang menukik, simak beberapa tips budidaya ayam berikut ini.

1. Persiapkan kandang yang layak
Kandang yang layak untuk peternakan ayam Broiler setidaknya memiliki beberapa syarat berikut ;
- Memiliki konstruksi yang kuat sehingga tidak membahayakan pekerja dan ayam nantinya.
- Lantai harus miring ke satu sisi dan memiliki sistem pembuangan air yang baik
- Atap tidak bocor dan sinar matahari tidak boleh langsung masuk ke kandang, selain itu ventilasi juga harus baik.


2. Peralatan kandang yang lengkap
Meliputi tempat minum, tempat makan, pemanas, seng pelindung, pembersih, tirai dan berbagai peralatan lainnya.

3. Bibit ayam yang baik dan sehat
Bibit yang baik meliputi kelincahan, tidak ada cacat, bulu yang sehat dan kering serta berat badan ideal.

4. Standar gizi untuk ayam dan standar pengobatan juga harus baik agar ayam yang dihasilkan memiliki kualitas yang maksimal.
Pilihlah pakan yang baik, pakan yang baik bukanlah atas mahal dan bagusnya merk namun dari anda mencoba dan membandingkan. Namun merk mahal dan memiliki nama yang besar memang sudah memiliki standar kualitas tertentu.

5. Perbaiki sistem produksi
Kaji lebih dalam sistem produksi dan perawatan yang anda jalankan selama ini perbaiki jika ada kesalahan, banyak praktek dan mencoba karena dari mencoba inilah nanti akan didapatkan takaran perawatan yang ideal yang sesuai dengan karakteristik  tempat budidaya ayam anda.

6. Pemasaran 
Setelah ayam berhasil di panen dengan baik maka langkah selanjutnya adalah cara pemasaran produk ayam yang benar, untuk pemasaran produk ayam yang benar maka bisa dengan cara memanen ayam dengan ideal dalam waktu singkat namun saat harga jual masih tinggi.
Panen yang relatif singkat akan membuat biaya operasional menjadi lebih minim dan bisa di tekan, sementara harga jual yang tinggi akan mendongkrak keuntungan dengan signifikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips sukses budidaya ayam